overlay

Apa itu Reksa Dana?

Reksa dana berbentuk perseroan, perusahaan penerbit reksa dana menghimpun dana dengan menjual saham dan selanjutnya dana hasil penjualan saham tersebut diinvestasikan pada berbagai jenis efek yang diperdagangkan baik di pasar modal maupun di pasar uang melalui manajer investasi.

 

Video source: Indonesian Stock Exchange

Apa itu Reksa Dana ?

  • Wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat/pemodal yang selanjutnya diinvestasikan kembali ke dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi
  • Sarana untuk berinvestasi di pasar saham atau obligasi untuk mereka yang tidak memiliki WAKTU, KEAHLIAN atau DANA yang cukup untuk melakukan investasi langsung di pasar modal.

Bentuk Hukum Reksa Dana

  • Reksa Dana Berbentuk Perseroan Terbatas (PT. Reksa Dana)
    Pada reksa dana berbentuk perseroan, perusahaan penerbit reksa dana menghimpun dana dengan menjual saham dan selanjutnya dana hasil penjualan saham tersebut diinvestasikan pada berbagai jenis efek yang diperdagangkan baik di pasar modal maupun di pasar uang melalui manajer investasi. Investor yang memiliki saham reksa dana perseroan akan menjadi pemegang saham perseroan tersebut dengan segala hak dan kewajiban yang melekat.
     
  • Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK)    
    Berbeda dengan reksa dana perseroan yang menerbitkan saham, reksa dana KIK menerbitkan Unit Penyertaan. Jadi, reksa dana KIK adalah instrumen penghimpun dana investor dengan menerbitkan unit penyertaan untuk selanjutnya diinvestasikan pada berbagai efek yang diperdagangkan baik di pasar modal maupun di pasar uang.