overlay

Kelebihan Reksa Dana

Ada 5 resiko reksa dana yang bisa berdampak kepada investor reksa dana.

Risiko Reksa Dana    
Beberapa hal berikut adalah resiko reksa dana yang bisa berdampak kepada investor reksa dana :

  • Penurunan nilai investasi 
    Walaupun sudah dikelola dengan sangat profesional, portofolio pilihan manajer investasi belum tentu bisa memberikan keuntungan akibat efek yang dibeli mengalami penurunan harga.
  • Risiko perubahan ekonomi dan politik 
    Pasar keuangan tidak akan lepas dari faktor ekonomi dan politik baik di lingkup global maupun lokal. Peristiwa apapun bisa memberi dampak pada harga efek di pasar modal ataupun pasar uang.
  • Resiko perubahan peraturan 
    Perubahan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kebijakan-kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi tingkat pengembalian dan hasil investasi yang akan diterima manajer investasi dan dapat mengurangi penghasilan yang mungkin diperoleh pemegang unit penyertaan.
  • Risiko pembubaran dan likuidasi 
    Pemegang unit penyertaan memiliki risiko bahwa di dalam hal reksa dana yang dimiliki memenuhi salah satu kondisi seperti yang tertera dalam ketentuan Bapepam & LK, manajer investasi akan melakukan pembubaran dan likuidasi.
  • Resiko likuiditas 
    Pemegang unit penyertaan berhak untuk melakukan penjualan kembali unit penyertaan dan manajer investasi memiliki kewajiban untuk membelinya. Kendati demikian, apabila seluruh atau sebagian besar pemegang unit penyertaan secara serentak melakukan penjualan kembali kepada manajer investasi, manajer investasi bisa saja tidak mempu menyediakan uang tunai seketika untuk melunasi penjualan kembali unit penyertaan tersebut.